BAB I
PENDAHULUAN
A. latar
belakang
Seiring denagn perkembangan zaman ,
agama islam juga mangalami perkembangan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa
agama islam pada mulanya hanya berada di daerah arab saja. Namun lama kelamaan,
agama islam pun semakin meluas dan menyebar ke seluruh penjuru dunia,
termasuk ke asia timur. Khususnya cina dan jepang. Islam juga mengalami
perkembangan yang cukup pesat di sana. Dimana sebelum masuk ke Negara tersebut,
sebagian besar penduduknya menagnut agama Shinto dan budha. Namun sesuai dengan
perkembangannya, sebagian penduduk dari kedua Negara tersebut menganut agama
islam. Walaupun hanya bersifat minoritas saja. Untuk mengetahui tentang
perkembangan agama islam di cina dan jepang, maka kami penulis akan mengupasnya
dalam makalah ini.
B. Tujuan
penulisan
- Untuk memenuhi tugas sejarah peradaban islam
- Untuk mengetahui tentang perkembangan islam du cina dan jepang
- Untuk mengetahui seberapa besar jumlah penganut agama islam di cina dan jepang
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perkambangan
Islam Kontemporer Di Asia Timur (Cina Dan Jepang)
A. Cina
1.
Sejarah
kedatangan islam di Cina
Islam hadir di Cina sudah sangat lama sekali, tidak
berapa lama terpautnya dari masa Nabi Muhammad. Hal ini dibuktikan dengan
adanya deegasi pertama yang datang ke cina pada tahun 29 H. Syiar agama Islam
banyak disebarkan oleh para pedagang muslim Saad bin Abi Waqas, merupakan
sahabat paman nabi Muhammad SAW dari Madinah merupakan peretas awalmasuknya
agama Islam ke negeri ini semasa Dinasti Tang, tahun 616 m. Ia diberi mandate
oleh Khalifah ke – 3, Utman bin Affan untuk mengajak kaisar Cina Yung Wei masuk
Islam. Untuk menunjukkan penghormatannya, kaisar mendirikan sebuah Mesjid
pertama di Cina, yakni Mesjid Canton.Ia hijrah ke kota pelabuhan, Guangzhou dalam
sebuah misi perdagangan bersama tiga orang sahabatnya dari Abyssinia atau yang
sekarang dikenal dengan Etiopia.
Mereka tak sulit beradaptasi dengan lingkungan budaya
Cina. Meskipun tidak mendominasi, nilai peradaban Islam memperoleh tempat yag
dihargai. Ajaran islam justru diterima Dinasti Tang karena sesuai dengan ajaran
Confusius. Orang cina menyebut agama islam sebagai yisilan jiao atau agama
murni. Kota Mekah disebut sebagai tempat kelahiran Budha Ma-hia-wu atau
Rasulullah Muhammad SAW. Pada masa Dinasti Tang, hubungan Islam dengan Cina
berkembang pesat, sehingga munculnya perkampungan muslim pertama di Cina, yang
bernama Cheng Aan. Setelah itu, ribuan muslim dari Arab, Persia, dan Asia
Tengah datang menyerbu Cina yang pada waktu itu sedang berada di puncak
peradaban.
Pada tahun 133 H, terjadi pertempuran yang menentukan
sejarah Islam di Asia Tengah. Cina mengalami kekalahan yang menyedihkan dalam
pertempuran tersebut. Denga kekalahannya tersebut, kondisi Cina secara fisik
menjadiporak poranda. Disisi lain, kekalahan Cina ini secara tidak langsung
membuka pintu gerbang bagi masuknya agama islam ke Cina. Dengan kemenangan ini
membuka jalan lebar bagi ulama islam untukmmengembangkan agama Islam di
Cina. Pada tahun 138 H, Jenderal Lieu Chen melakukan pemberontakan, kaisar
memohon bantuan kepada Khalifah Al-Mansyur dari Dinasti Abbasiyah untuk
menumpas pemberontakan tersebut. Al-Mansyur mengirim 4 ribu pasukan ke Cina
Itulah mulanya tentara Turki hadir di Cina. Mereka menikahi perenpuan Cina. Dan
hal inilah yang merupakan salah satu cara Islam masuk ke Cina, selain cara
lain, yaitu melalui perdagangan. Adapun jalur perdagangannya dikenal denga
Jalur Sutera. Kemudian agama Islam berkenbang di Cina.
2.
Perkembangan
agama Islam di CinA
Di Cina terdapat lebih dari 140 juta penduduk dari 10
suku bangsa yang beagama islam. Termasuk etnis Huizu, Uygur, Kirgiz, Tajik,
Uzbek, Tatar dan lain sebagainya. Penduduk islam tinggal merata di seluruh
Cina. Termasuk provinsi Gansu, Qinghai, wilayah otonomi Xinjiang, dan wilayah otonomi
Ningxia. Agama islam sudah tidak asing lagi bagi Negara ini. Ia telah menjadi
salah satu agama yang penting bagi di Cina.
Zaman Dinasti Yuan merupakan zaman yang penting bagi
perkembangan agama islam di Cina. Agama islam berkembang pesat dan menjadi makmur
pada zaman ini. Pada zaman ini, islam memiliki kedudukan yang penting dalam
arena ekonomi dan masyarakat. Pemerintah telah menjamin kebebasanuntuk
melaksanakan shalat, upacara ritual, serta budaya social. Sebagai perbandingan
terhadap minoritas lainnya, mereka juga diberi kebebasan untuk men jalin
hubungan denga masyarakat muslim di dunia. Perintah juga menyediakan biaya
untuk memperbaiki mesjid, dan memberi dasar keutamaan bagi umat islam.
Sekarang umat islam dan bukan islam adalah sama rata.
Penduduk bekerja sama dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan bermasyarakat.
Mereka bersatu padu dalam memberikan sumbangan bagi pembangunan Negara. Bahkan
hingga saat ini jumlah penduduk muslim di Cina mencapai 200 juta jiwa. Umat
muslim di Cina juga menghormati kepercayaan Cina, sepreti Yung Dan Yang.
Islam di Cina kental dengan kebudayaan. Kondisinya
mirip dengan Indonesia. Rumah hunian masyarakat Cina mengambil budaya setempat.
Arsitektur mesji, yaitu kubahnya dibuat model Cina.
Para ulama di Cina telah mampu menterjemahkan
Al-Quran, bahkan sampai penterjemahan teks agama yang lain juga telah
dilakukan. Seperti Hadits Arba’in An Nawawy juga mampu dilakukan. Orang-orang
yang yelah berjasa melakukannya antara lain, Syikh Wang Jing Chai dan Yang Shi
Chian.
Masyarakat Cina hidup berkelompok. Hal ini memudahkan
mereka dalam mencari makanan yang halal. Karena hanya di perkampungan muslimlah
kita bisa menemukan makanan yang halal.tampilan restoran muslim di cina mirip
dengan restoran mandarin.kita harus memperhatikan tulisan Cina, Qingzhen Cai,
yamg artnya nmasakan halal atau Qingzhen Restaurant, yang menyedikan masakan
halal, tertera di setiap restoran Cina.
B. Jepang
1.
Sejarah
kedatangan dan berkembangnya islam di jepang
Islam mula-mula masuk ke jepang pada zaman
Reistorasi Meiji pada tahun 1867, yang ditandai dari literature mengenai islam
yang dikenal dari Eropa. Pada tahun 1890 terjadi peistiwa penting yang
mempertemukan jepang dan islam . peristiwa ini dikenal dengan “Kapal Entragul”.
Sebuah kapal turki singgah di jepang dalam urusan diplomatic. Akan tetapi salam
perjalanan pulangnya kapal tersebut karam. Dari 600 penumpang hanya 69 orang
yang selamat. Pemerintah bersama – sama rakyat berusaha menolong penumpang yang
selamat. Dan mengadakan upacara penghormatan bagi arwah penumpang yang
meninggal. Kemudian yang selamat kembali ke turki. Pada tahun 1891, dikirimlah
utusan dari turki ke jepang dan terjalinlah hubungan yang baik antara turki dan
jepang. Hal ini sangat menguntungkan bagi jepang dalam melawan rusia. Pada saat
armada kapal rusia melintasi laut Baltik, Turki memberitahukannya kepada
jepang. Sehinnga jepang memperoleh kemenangan dalam melawan rusia. Setelah
peristiwa itu, pada tahun 1900-an untuk pertama kalinya orang muslim jepang
pergi haji ke Mekah. Sejak saat itu islam dikenal lebih luas di jepang. Orang
jepang yang pertama kali masuk islam adalah Torajiro Yamada. Kemudian disusul
oleh Mitsutaro Takaoka pada tahun 1909,yang kemudian mengganti namanya menjadi Omar
Yamaoka setelah pulang dari ibadah haji. Kemudian Bunpachiro Ariga tahun 1946,
yang kemudian berganti nama menjadi Achmad Ariga, seorang pedagangyang mendapat
pengaruh islam dalam perjlanan ke India. Kemudian ada lagi nama Hilal Torajiro
1957. Yarullah Tanaka Ippei 1934, dan lain-lain.
Islam di jepang berkembang pesat saat berkecamuknya
Perang Dunia II. Kemudian satu lagi pada saat terjadi krisis minyak dunia,.
Islam mencapai puncak kejayaannya di jepang pada tahun 1973. namun perkembangan
islam di jepang tidak sama halnya dengan pekembangan island pada masa dinasti
abbasiyah yang berada di timur tengah. Islam di jepang hanyalah islam yang
bersifat minoritas semata, jauh berbeda dengan islam di timur tengah. Kalau
pada masa dinasti abbasuyah,agama islam berkuasa secara penuh dikarenakan semua
penduduk menganut agama islam, lain halnya denga islam yang ada di jepang yang
hanya sebagian kecil penduduknya yang menganut agama iskam.
Setelah usainya krisis minyak dunia islam pun kembali
mulai dilupakan oleh masyarakat jepang. Setelah itu agama islam seolah-olah
sulit berkemang di Negara ini. Hal ini disebabkan oleh ketaatan masyarakat
jepang pada agama Shinto dan Budha.
2.
Perkembangan
agama islam di jepang pada saat ini.
Pada saat ini islam sudah mengalami perkembangan yang
cukup pesat di jepang. Berdasarkan perkiraan Islamic Centre, jumlah penganut
agama islam di jepang suadah mencapai 70.000 smpai debgan 200.000 orang.
Penganut islam terbanyak adalah bersal dari luar jepang. Menurut Michael penn,
dari total keseluruhan penganut islam di jepang hanya sekitar 10 % yang
merupakn berasal dari penduduk asli jepang. Sedanmgkan 90 % merupakan penduduk
pendatang dai luar jepang. Sebagian besar pemeluk agama islam di jepang adalah
para pelajar dan para imigran dari Negara- Negara asia tenggara dan timur
tengah.merkatersebar di banyak tempat, seperti di Tokyo, Nagoya, Osaka, Kobe
dan tempat-tempat lainnya.salah satu sebab agama islam bisa berkembang di
jepang adalah karena bagusnya iklim toleransi yang ada di masyarakat jepang.
Dan adanya jaminan kebebasan beargama oleh pemerintah jepang. Toleransi
penduduk asli terhadap agama baru sangat tinggi. Misalnya saja : pada jamuan
makan / minum selalu ditanyakan apakah ada yang berpantang terhadap daging atau
minuman yang mengandung alkohol.
Di jepang terdapat ratusan mesjid. Jumlah mesjid
terbanyak berada di daerah Tokyo. Mesjid tertua adalah Mesjid Kobe. Mesjid
terbaru sekarang dadlah mesjid gitu yang terletak di daerah Provinsi Aichi. Dakwah-dakwah
dilakukan secara terorganisir dan rapi dan juga dilakukan secara individual
kepada kelurga. Dakwah-dakwah dilakukan secara rutin terhadap
komunitas-komunitas muslim di sini. Di Negara ini terdapat beberapa organisasi
islam, dintaranya Japan Muslim Asociatin dan Japan Islamic Congres. Negara ini
pernah menyelenggarakan seminar internasional yang diselenggarakan oleh JIC
(Japan Isl;Amic Congres). Dengan adanya organisasi ini sangat berpengaruh
terhadap perkembangan agama islam di jepang. Organisasi ini menyediakan markas
kegiatan social pendidikan dan social keagamaan. Organisasi keagamaan juga
menyelenggarakan acara bersama dan juga diskusi untuk menambah pengetahuan
keislaman.
Selain itu acara ini juga efektif dalam membina
persaudaraan sesama muslim. Dengan adanya organisasi keagamaan ini merupakan
salah satu upaya yang mampu men dorong pengembangan agama.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian diatas penulis dapat
menyimpulkan bahwa peradaban islam di asia selatan banyak mengalami
pemberontakana baik dari luar maupun dari dalam pemerintahan karena kurang
stabilnya sistim pemerintahan, selain pemberontakan peradaban islam di asia
selatan juga mengalami kejayaaan serta banyak mengalami kemajuan dibidang
politik, ekonomi, seni, dan ilmu pengetahuan. Adanya usaha untuk melepaskan
diri dari imperialisme barat dan memajukan pemerintahan setelah imperialisme
barat.
B.
Saran
Sebagai mahasiswa hendaknya kita bias
mengambil manfaat dari sejarah peradaban islam di asia selatan dan imperialisme
barat.
C.
Penutup
Demikianlah pembahasan makalah yang bias
kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada
umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
MA,H.Ibrahim
Tien,1979, Perkembangan
Islam di Tiongkok,Jakarta,Bulan Bintang.
http://suryaputraalhikmah.blogspot.com/2012/03/islam-di-asia-timur-cina-dan-jepang.html
Abdullah, taufik. Islam dan masyarakat
petualang sejarah Indonesia : Jakarta lp 35, 1987.
kennet w. morgan,
islam jalan lurus : Jakarta, pustaka jaya 1980
koreanya gk ada ya kak?
BalasHapus